Tips Memilih Baju Muslim Untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Baju Muslim Untuk Ibu Hamil

Berikut Beberapa Tips Memilih Baju Muslim Untuk Ibu Hamil

Ketika hamil, bagian tubuh yang mengalami paling banyak perbedaan adalah perut. Tentunya, baju-baju dengan desain lebih lebar di bagian perut atau kerut di bawah dada bisa menjadi salah satu solusi. Para ibu hamil bisa bebas memilih model-model tersebut di pasaran. Sebab, kini banyak desainer yang merancang khusus pakaian muslim untuk ibu hamil. Sebelum membeli, pastikan kamu menyimak tips-tipsnya di bawah ini ya!

1. Pilih Pakaian Yang Lebih Besar Dari Biasanya

Pakaian longgar dengan desain tidak terlalu banyak detail merupakan tips penting pertama. Cobalah pakaian dengan satu ukuran di atas biasanya sebelum membeli. Jika biasanya mengenakan M, kini kamu harus mencoba ukuran L. Selain nyaman, ini akan membuat sang ibu dan bayi merasa lebih bebas untuk bergerak. Ukuran yang longgar, terutama di bagian perut, juga akan membuat lekuk tubuhmu tidak terlihat, sehingga kamu tetap berpakaian sesuai syariat Islam. Itu juga akan memperpanjang masa pakai karena berat tubuhmu akan terus meningkat seiring pertumbuhan janin.

2. Pastikan Bahan Pakaian Menyerap Keringat

Kedua, pastikan memilih bahan pakaian muslim nibras yang mudah menyerap keringat. Semakin banyak usia kandungan, semakin tinggi pula suhu tubuh, sehingga para ibu hamil mudah kepanasan dan berkeringat. Bahan yang cepat menyerap keringat, seperti katun, tentu akan lebih nyaman karena suhu tubuhmu akan lebih terkendali. Itu juga akan membuat janin tidak merasa tertekan. Hindari memilih baju berbahan tebal. Selain tidak nyaman, juga akan membuatmu semakin merasa berat.

3. Hindari Ini Saat Memilih Pakaian Muslim

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari untuk menjaga diri dan bayi dalam kandungan, seperti pakaian ketat dan sepatu hak tinggi. Selain tidak sesuai syariat, memakai pakaian ketat akan mengganggu peredaran darah dalam tubuh yang berdampak negatif, seperti timbulnya varises. Tentu kamu tidak mau kan?

Selain itu, penggunaan sepatu hak tinggi akan menimbulkan ketegangan pada otot-otot kaki, sehingga membuat tidak nyaman. Flat shoes merupakan pilihan tepat untuk ibu hamil. Selain mengurangi risiko cedera, juga membuat tungkai dan betis terasa lebih rileks. Hal paling penting yang perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk tampil sesuai tren ya, Ladies?

4. Pilih Warna Yang SesuaiĀ 

Meskipun hamil, sah-sah saja memilih warna pakaian sesuai keinginan. Kamu tetap bisa bereksperimen sesuai kreativitas agar penampilan tetap menarik dan berkesan. Namun, ada beberapa corak warna yang memang kurang sesuai jika dikenakan ibu hamil, seperti mode tabrak warna. Perpaduan warna demikian akan membuat tubuhmu terlihat lebih besar.

Untuk menyiasati agar penampilanmu terlihat lebih elegan saat hamil, kenakan busana dengan warna polos. Dress berwarna pastel cocok untuk kamu kenakan selama masa kehamilan.

5. Sesuaikan Dengan Suasana dan Acara

Selain warna dan mode, sesuaikan pakaian dengan jenis acara yang kamu hadiri. Untuk beraktivitas sehari-hari, kamu bisa mengenakan pakaian longgar agar lebih terasa nyaman dan santai. Untuk acara pesta, kamu bisa memilih berbagai macam model busana yang kini banyak beredar di pasaran. Pilih busana-busana pesta yang lebih mengesankan kemewahan, dan beberapa detail.

Namun, tetap utamakan kenyamanan untukmu dan bayi ya! Kamu juga bisa menambahkan aksesori untuk mempermanis penampilan. Untuk acara formal, memang belum terlalu banyak model khusus untuk ibu hamil. Namun, kamu bisa mengenakan baju muslim jenis kaftan. Model ini memiliki lengan lebar dan ukuran bagian badan yang longgar, sehingga akan terasa nyaman untuk ibu hamil.

Inspirasi model baju muslim untuk ibu hamil

Kini mulai banyak perancang busana muslim wanita yang mengembangkan desainnya khusus untuk ibu hamil. Hal terpenting yang menjadi perhatian dalam rancangan mereka adalah kenyamanan untuk ibu hamil. BP-Guide telah menyiapkan rangkuman rekomendasi model baju muslim yang bisa menjadi inspirasi untuk para ibu hamil. Simak selengkapnya ya!

1. Gamis

Kriteria gamis yang nyaman dikenakan untuk ibu hamil adalah memiliki bahan adem dan menyerap keringat. Usahakan memilih gamis dengan detail tidak ribet saat akan membelinya. Pilihan gamis di bawah ini bisa menjadi referensi untuk kamu koleksi.

2. Kaftan

Baju muslim model kaftan memang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Kamu bisa memadukan kaftan dengan jaket atau blazer sepinggang agar penampilanmu lebih modis. Blazer atau jaket akan membuat tubuhmu terlihat lebih ramping.

3. Long Dress

Untuk menyesuaikan dengan bagian perut yang semakin besar, para ibu hamil biasa mengenakan baju longgar seperti daster. Namun, mengenakan baju yang terlalu longgar justru membuat penampilan terkesan tidak rapi. Sebagai solusi, kamu bisa tampil beda dengan menjadikan long dress sebagai outfit andalanmu.

4. Maxi Skirt

Maxi skirt bisa diandalkan juga lho untuk usia kandungan menjelang lima bulan. Maxi skirt memiliki detail karet di bagian pinggang, sehingga tetap terasa nyaman dikenakan. Rok satu ini juga membuat penampilan lebih trendi meskipun sedang mengandung. Tidak perlu takut lagi ya, ladies, karena terlihat tidak modis saat hamil.

5. Abaya

Tampil cantik dan menawan berawal dari pakaian yang kamu kenakan. Saat hamil, memilih model pakaian menjadi tantangan tersendiri bagi wanita. Keleluasaan dan kenyamanan merupakan faktor utama, namun banyak yang kesulitan saat memilih baju pesta. Model longgar namun rapi merupakan syarat yang wajib dipenuhi. Desain tersebut dapat kamu temukan pada baju muslim abaya murah untuk ibu hamil. Model satu ini memang bisa menjadi solusi outfit untuk acara formal.

9 Tips Memulai Bisnis Busana Muslimah Dengan Modal Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top